TEORI PEMBELAJRAN SCAFFOLDING



SCAFFOLDING ADALAH – Dari survei yang saya lakukan ternyata banyak masyarakat umum yang belum mengetahui apa itu scaffolding, oleh karena itu saya menulis ini dengan tujuan agar masyarakat mengerti dan memahami apa itu scaffolding, jangan lupa share jika dirasa perlu.

Daftar Isi

    Teori Belajar Scaffolding
    Pengertian Perancah / Steger / Scafolding Adalah
        Tipe Dasar
        Fungsi Perancah
    Jenis-jenis Perancah
        Perancah Andang
        Perncah Tiang
            Perancah Tiang Bambu
            Perancah Bambu dengan Konsol Besi
            Perancah Tiang Besi atau Pipa
            Perancah Besi Beroda
            Perancah Besi tanpa Roda
            Perancah Menggantung
            Perancah Frame
            Perancah Dolken
            Two Point Adjustable Suspension Scaffolding
            Strip Board One Side Scaffolding
            Auxiliary Fixtures For Pipe Scaffolding
            Bracket One Side Scaffolding
            Independent Scaffilding
            Bridcage Scaffold
            Access Tower Scaffold
        Terkait

Teori Belajar Scaffolding
Pengertian metode atau materi scaffolding adalah suatu teknik pembelajaran di mana siswa diberikan sejumlah bantuan, kemudian perlahan-lahan diadakan pengurangan terhadap bantuan tersebut dan para siswa diberikan tanggungjawab semakin untuk melakukan pembelajaran yang sudah ditetapkan.

Bantuan tersebut bisa berupa petunjuk, dorongan, peringatan, mengurangi maslah terhadap langkah-langkah yang lebih mudah, memberikan contoh, serta tindakan yang memungkinkan para pelajar untuk belajar sendiri,

Sistem pembelajaran seperti ini dirancang untuk menunjang proses belajar siswa yang berhubungan dengan pemberian bantuan kepada siswa untuk belajar dan memcahkan masalah dalam bentuk soal.

Penggunaan sehari-hari, scaffolding termasuk pemberian bantuan terhadap siswa yag lebih tertata pada saat dimulainya pembelajaran dan secara bertahap kemudian menghilangkan tanggungjawab belajar terhadap siswa untuk bekerja keras atas arahan diri mereka sendiri (Nur dan Wikandari, 2000:14).

Seperti contoh, siswa diarahkan untuk membuat pertanyaan sendiri tentang materi faktorisasi suku aljabar yang sudah diajarkan atau disebut keterampilan bertanya. Dalam hal ini, tetapi selanjutnya memberikan kesempatan siswa untuk membuat pertanyaan-pertanyyan tersebut.

#scaffolding_#teori pembelajaran scaffolding

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAFTAR HARGA SEWA STEGER PER HARI

JACK BASE SCAFFOLDING ADALAH